Never Ending Stories

Journey To The East

Ini emang langkah yg paling besar yg pernah gw ambil. Pergi kerja ke Menado. Jauh dari rumah, sodara2, & temen2 baik gw. Udah gitu gw harus resign dulu dari kerjaan gw yg lumayan enak menurut gw: supervisor toko buku.

Rasa untuk jadi mandiri, membuat tekad gw kuat untuk ke Menado. Setelah konsultasi dengan Master Feng Shui di kantor yg baru di Manado, disebutlah hari baik dan jam baik untuk masuk kerja. (Padahal gw bukan penganut & nggak percaya Feng Shui. Tapi karena bos yg nyuruh, ya udah deh. Lagi pula gak ada ruginya).

Hari pertama kerja: no problem. Hari pertama nyetrika: that’s the problem. Walaupun baju jadi amburadul, tapi puas lah.. namanya juga setrika perdana… (strika pinjeman lagi!) Baru kali ini ngerasa jadi anak kos.

Gw tinggal di mess belakang mall, setengah kilo dari kantor, setiap hari jalan menyusuri reklamasi pantai… ah indahnya.. kalau pagi ngeliat gunung menado tua dan pulau bunaken di seberang tak lupa dengan laut birunya… malamnya pulang kantor menikmati dari kejauhan lampu-lampu jalan di sepanjang jalan boulevard dan lampu-lampu rumah di bukit seberang selat. Was-was juga sih kalo-kalo ada badai, jarak mess dengan laut 10m, cuman dibatasi dengan batu-batu gede pemecah gelombang.

            Bulan pertama di Menado: diare.. (sialan!). Emang dasar usus gak bisa diajak kompromi, gak biasa makan pedes, mesti biasain makan makanan menado.. ya udah deh, jadi berlangganan norit, diatabs & Imodium (kalo parah). Di sini kalo gak pake rica (bhs menado: sambel ulek) atau dabu-dabu (sambel bening pake tomat) rasanya gak asik.. karena semua bumbu ada di ricanya, jd kalo gak dipake jd tawar. Ada sih yg gak pake rica: woku (kuah bumbu kuning), tinutuan (bubur menado), mie cakalang, and the last but not least: brenebon!

           Angkutan di sini byk bgt… gak sebanding dgn penduduknya. Tapi enak sih, duduknya ngadep dpn jd satu angkot cuman muat 9 org. Naik angkot perdana di menado jadi cerita super jayus yg gak pernah gw lupa. Dari dalem angkot gw udah teriak2: “Pak, kiri pak..” Angkotnya gak stop2. Untung ada org baek di sblh gw, dia cuman teriak pelan: “Om.. muka om…” dan berhentilah angkotnya… heheheheheheh jadi malu… Gak ngira aja kalo mereka gak ngerti “kiri” untuk stop.

Enaknya di sini kalo ada “Pengucapan”, acara makan2 untuk rasa syukur sehabis panen. Tapi sekarang udah jadi acara rutin tiap tahun walaupun gak panen tapi tetap diadain menurut tanggalan. Acaranya cuman open house di rumah penduduk, makan-makan. Yang paling rame itu pengucapan di Amurang, kota sebelah selatan Manado. Selain terkenal dengan cw-cw-nya yg cantik, orang-orang yang dateng ke Amurang cari dodol. Emang enak sih, gurih, pake kenari di dalemnya, trus dibungkus daun kelapa.

            Lirik lagu “Naik2 ke puncak  gunung” di Menado jadi berubah. “Kiri.. kanan.. kulihat saja.. banyak pohon kelapa… aaa… aaa” Gw heran, kalo naik ke puncak, banyak banget pohon kelapa. Apalagi kalo ke Tomohon dan Tondano.

            Kalo lg bahas Menado, pasti pada nanyain The Legend: Cap Tikus. Ada versi yg lebih rendah kadar alkoholnya,namanya saguer. Sama-sama dari buah pohon aren, tapi cap tikus dibuat 2 sampe 3 kali penyulingan. Pertanyaan yang jarang ditanyain tapi penting adalah: kenapa dinamain cap tikus? Sebabnya, pas disuling, dari pipanya ada bunyi “ciit.. ciit.. ciit” kaya tikus. Temen gw, Bang Budi geng Kuningan penasaran banget pengen liat langsung.

            Walaupun terkenal dg legenda cap tikus tapi tetep bagi gw Menado itu Negri 1000 Gereja.

Leave a comment